Pengertian Tenaga Tata Usaha Sekolah

Tata Usaha atau yang selanjutnya disebut sebagai TU merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan atau keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Walau tidak bersentuhan langsung dengan siswa, kehadiran TU ini dinilai sangatlah penting.

Dikatakan demikian karena tanpa hadirnya TU, keberlangsungan sekolah akan bermasalah dan bahkan terhalang. Sekolah tidak akan berjalan secara optimal tanpa adanya peranan TU. Bagaimana tidak, di era modern ini, segala sesuatu persoalan itu sudah begitu mudah dengan dihadirkannya berbagai media yang dapat diakses dalam waktu yang singkat, yakni internet. Dengan internet, segala sesuatu akan berbentuk kiriman file. Nah, paling tidak atas dasar itu dirasa cukup untuk menilai betapa pentingnya kehadiran seorang tenaga TU di salah satu lembaga sekolah baik negeri maupun swasta.

TU itu termasuk kedalam bagian tenaga kependidikan. Mengapa? Karena posisinya tidak langsung bersentuhan dengan siswa, atau tidak mengajar di kelas. Sama halnya dengan kepala sekolah, yang belakangan ini bukan lagi sebagai tugas tambahan, melainkan sebagai tugas fungsional yang khusus. Tak jarang TU itu dikelola atau diisi posisinya oleh wanita. Mengapa? Secara umum saja sudah terjawab, bahwa wanitalah yang rapi dalam penyimpanan berkas-berkas. Walau memang tak jarang juga TU itu diisi oleh pria, namun kebanyakan wanita.

TU itu berperan sangat penting dalam perkembangan sekolah. TU itu mengtur segalanya yang bersifat administratif di sekolah. Berkas-berkas penting sekolah, berkas kepala sekolah, berkas guru perseorangan juga kadang disusun oleh TU. Membuat laporan hingga mengonlinekan data adalah pekerjaan yang paling sering dilakukan seorang tenaga TU.

Pengertian Tenaga Tata Usaha Sekolah